Minggu, 11 Januari 2015

Kecamatan Temanggung

Kecamatan Temanggung adalah salah satu kecamatan dari 20 kecamatan di wilayah Kabupaten Temanggung yang memiliki luas 3.339 Ha. Dari segi administrasi, Kecamatan Temanggung dibagi menjadi 25 Desa/Kelurahan, 127 Dusun, 575 RT, dan 136 RW. Dari aspek kependudukannya, Kecamatan Temanggung pada tahun 2013 memiliki jumlah penduduk sebesar 79.630 jiwa atau sekitar 11% dari keseluruhan penduduk kabupaten temanggung dan termasuk kecamatan yang terpadat di Kabupaten Temanggung.


Gambar 1
Peta Administrasi Kecamatan Temanggung

Secara ekonomi Kecamatan Temanggung merupakan kecamatan yang memberikan sumbangan yang cukup besar terhadap PDRB Kabupaten Temanggung. Berdasarkan data PDRB Kabupaten Temanggung tahun 2011, PDRB Kecamatan Temanggung adalah sebesar 710,139 yang artinya menyumbang 13% dari total PDRB Kabupaten Temanggung. Jika dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Temanggung, Kecamatan Temanggung merupakan penyumbang PDRB terbesar yang diikuti oleh Kecamatan Pringsurat dan Parakan yang masing-masing memiliki persentase sebesar 8%.
Kecamatan Temanggung dengan Kabupaten Temanggung memiliki hubungan erat baik secara administratif maupun secara ekonomi. Secara administratif, Kecamatan Temanggung merupakan bagian dari Kabupaten  Temanggung sekaligus menjadi Ibu Kota Kabupaten setelah di pindahkannya Ibu Kota temanggung dari Kecamatan Parakan ke Kecamatan Temanggung. Kecamatan Temanggung berbatasan langsung dengan Kecamatan Bulu disebelah barat, Kecamatan Kedu dan Kandangan disebelah utara, Kecamatan Kaloran dan Kranggan disebelah timur dan Kecamatan Tlogomulyo disebelah selatan.
Pada perencanaanya, Kecamatan Temanggung akan diterapkan konsep Green City.  Konsep Green City merupakan konsep perencanaan kota yang mengacu pada Sustainable Development, yakni mempertimbangkan keseimbangan antara pembangunan dan perkembangan kota dengan kelestarian lingkungan. Konsep tersebut diterapkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di Kecamatan Temanggung.

0 komentar:

Posting Komentar